Makna & Rahasia Dibalik Lafal Asmaul Husna


Asmaul Husna merupakan nama-nama baik yang dimiliki Allah, mulia serta agung sesuai dengan sifat yang dimiliki-Nya. Asmaul Husna ini berjumlah 99 nama yang masing-masing memiliki makna maha indah. Semua nama agung itu merupakan suatu kebesaran dan kekuasaan dari Allah SWT, sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta.

Namun, di balik lafadz Asmaul Husna ternyata terdapat rahasia yang belum banyak diketahui oleh khalayak umum. Masing-masing nama tersebut memiliki pengaruh dan manfaat yang besar juga menakjubkan terhadap kehidupan manusia.

Nama-nama Allah tersebut memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai pengaduan akan maksud dan tujuan serta mampu mensejahterakan hidup di dunia dan akhirat. Berikut ini adalah empat rahasia di balik lafadz Asmaul Husna yang perlu kamu ketahui.

Berdo’a Dengan Asmaul Husna

Sebagai Umat Islam, kita telah dianjurkan untuk melafalkan nama-nama Allah (Asmaul Husna) di setiap do'a. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu agar dapat membaca seluruh nama-nama Allah tersebut atau bahkan hanya salah satu dari padanya. Ada dua keuntungan yang akan kamu diperoleh ketika mengamalkan Asmaul Husna ini, yang pertama yaitu dari segi membacanya saja, kamu sudah termasuk ibadah. Lalu, kedua melafadzkanNya di setiap do'a, hal itu juga sudah termasuk ibadah.

Itu baru dua pahala yang akan diperoleh jika kamu membaca do’a dengan Asmaul Husna. Belum lagi jika doa tersebut di ijabah oleh Allah SWT, maka bertambahlah keuntungan yang tidak akan ternilai harganya.

Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman pada surah Al-Hasyr Ayat: 24 : Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Zikir Dengan Asmaul Husna

Selain bisa di lafadzkan di dalam do’a, Asmaul Husna juga bisa diucapkan ketika berzikir. Untuk itu, jika kamu belum menghafal ke-99 nama-nama Allah ini, kamu bisa melakukan zikir dengan melihat Al-Quran atau buku-buku terkait Asmaul Husna. Lalu, berzikirlah dengan menyebutkan Asma Allah tersebut sebanyak yang kamu mampu.

Dalam mengucapkan Asmaul Husna ini, lakukanlah dengan khusyuk, hayati dan resapi arti dan renungkan Nama Allah yang indah itu. Dan setelah itu perasan yang luar biasa akan kamu rasakan, seperti ketenangan, kedamaian, dan ketentraman dalam jiwa. Maka dari itu, teruslah berzikir dengan Asma Allah yang Maha Indah ini. Dengan menghafal dan memaknainya akan membuat orang tersebut akan memperoleh pahala di sisi Allah SWT.

Membuka Pintu Rizki

Asmaul Husna tidak hanya digunakan untuk berdoa dan berzikir saja, namun Asmaul Husna ini juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki. Ketika kamu berdoa sempatkanlah untuk menghayati satu persatu arti dan makna Asmaul Husna. Anjuran untuk berdoa menggunakan Asmaul Husna telah tertuang dalam firman Allah Q.S Al-A’raf ayat 180, yang artinya:

“Hanya milik Allah Asma-Ul Husna, maka berdoalah kepadaNya dengan menyebut Asma-Ul Husna, dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapatkan balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”.

Maha Suci Allah yang telah mlimpahkan manfaat dalam pelafalan Asmaul Husna yang terdapat dalam sebuah ayat suci. Dahsyatnya manfaat Asmaul Husna ini membuat kaum muslim harus mampu dan senantiasa bersandar pada perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Rasulullah SAW bersabda:” Allah mempunyai 99 nama. Barang siapa yang berdoa dengannya niscaya Allah akan mengabulkan doanya." (HR Imam Abu Nu’aim dan Imam Ibnu Mardawaih)

Inilah bukti bahwa Asmaul Husna mampu menjadi doa yang begitu baik dan sangat luar biasa, hendaklah sebagai umat Islam seharusnya kamu berlomba-lomba untuk memaknainya.

Asmaul Husna Nutrisi Otak Kanan dan Kiri

Dan rahasia terakhir mengenai Asmaul Husna yaitu ternyata nama Allah yang Maha Indah ini bisa dijadikan nutrisi bagi otak kanan dan kiri. Hal ini pernah tulis oleh Rizem Aizid dalam buku karangannya yang berjudul ‘Asmaul Husna untuk Nutrisi Otak kanan dan Kiri’. Perlu kamu ketahui bahwa amalan Asmaul Husna memiliki manfaat untuk merangsang IQ dan EQ jika dilakukan secara terus menerus. Namun, tidak semua Asmaul Husna memiliki manfaat untuk menutrisi otak kanan dan kiri. Melainkan ada 72 Asmaul Husna yang memiliki fungsi demikian, 3 di antaranya yaitu, Ya Rahman, Ya Rahim, dan Ya Malik.

Demikianlah makna & rahasia di balik lafal Asmaul Husna. Hendaklah dari sekarang untuk mencoba menghafal Asmaul Husna ini dan lakukan dengan ikhlas atas dasar mengharap keridhaan Allah SWT. Niscaya kamu akan merasakan hal luar biasa yang dijelaskan di atas. Dari penjelasan berbagai manfaat Asmaul Husna di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Asma Allah tersebut tidak hanya bermanfaat untuk akhirat saja, namun juga untuk kebahagiaan dunia.

Makna & Rahasia Dibalik Lafal Asmaul Husna