Asal Mula Batu Akik & Manfaat Dilihat Dari Jenisnya

jasa pelet

Beberapa waktu lalu fenomenal batu akik sempat menjadi poros musim yang cukup terkenal dari berbagai macam kalangan masyarakat. Keunikan warna-warna dan karakteristiknya menjadikan batu akik sebagai batu cincin yang banyak diburu, baik orang tua maupun anak muda.

Asal Muasal Batu Akik


Batu akik adalah salah satu jenis batu alam yang terbentuk dari proses geologi yang mengandung beberapa unsur komponen kimiawi. Batuan ini terbentuk akibat adanya zat-zat mineral yang mengkristal dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan hingga mencapai ratusan tahun. Hal inilah yang membuat nilai jual batu akik menjadi sangat tinggi. Batu ini banyak dipercaya memiliki berberapa macam manfaat atau khasiat sesuai dengan jenis dan warnanya.

Sebagian orang percaya bahwa batu akik mampu menjadi sumber energi bagi pemakainya. Namun, manfaat batu akik yang satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan. Berikut ini beberapa khasiat dari batu akik tersebut :

1. Sebagai sumber energi dan kekuatan

Sebagian orang percaya dengan memakai batu akik mampu menyeimbangkan energi yin dan yang. Selain itu batu akik dipercaya sebagai sumber keberanian, perlindungan, penyembuhan, serta dapat memberikan efek yang menenangkan bagi pemakainya. Sejak zaman dahulu batu akik telah digunakan untuk memberikan kekuatan juga keberanian bagi para prajurit dan mampu membuat mereka menang dalam sebuah pertempuran.

2. Dapat meningkatkan kreativitas

Sebagian kalangan masyarakat mempercayai bahwa selain sebagai perhiasan, batu akik juga merupakan batu keberuntungan. Dimana ia dapat memberikan energi, menstabilkan imajinasi serta inspirasi yang nantinya dapat menunjang berbagai macam aktivitas harian bagi pemakainya.

3. Sebagai perisai tubuh

Bagi sebagian kalangan, khasiat batu akik dipercayai mampu memberikan proteksi atau menjadi perisai bagi tubuh dari berbagai marabahaya yang mungkin bisa mengancam jiwa pemakainya. Misalnya saja dari kecelakaan. Sehingga tak jarang yang beranggapan bahwa batu akik merupakan batu jimat keberuntungan.

4. Dapat memberikan kekuatan emosional

Di lihat dari cara emosional, batu akik dipercayai mampu memberikan keberanian, kekuatan emosional, kepercayaan diri, mempromosikan stabilitas batin, memberikan efek ketenangan, kematangan, keamanan, dan dapat menghilangkan ketakutan. Sehingga batu akik sangat dipercaya mampu menghalau timbulnya stress serta menurunkan tingkat kecemasan bagi pemakainya.

5. Membantu menciptakan suatu hubungan yang harmonis

Karena kemampuannya dapat menstabilkan emosional, manfaat batu akik dipercaya mampu meningkatkan kualitas hubungan pemakainya dengan orang-orang lain di sekitarnya.

6. Menghilangkan energi negatif dalam tubuh

Sebagian masyarakat meyakini dengan memakai batu akik, ia mampu membersihkan atau menstabilkan aura bagi pemakainya, yaitu dengan menghilangkan energi negatif yang mungkin sedang bersarang di dalam tubuhnya.

7. Sebagai batu perhiasan yang indah

Selain beberapa khasiatdari penggunaan yang ditimbulkan seperti yang sudah di jelaskan di atas, tak dapat di pungkiri bahwa batu akik merupakan salah satu jenis batu perhiasan yang sangat indah. Warna-warni yang terpancar dari batuan tersebut tentu saja membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa terpana dan terkesan glamour juga elegan.

8. Dapat menangkal berbagai macam penyakit

Pemakaian batu akik banyak dipercaya mampu memperkuat daya tahan tubuh dan merupakan suatu koneksi tubuh dengan alam. Selain itu manfaat batu akik juga digunakan dalam kesehatan yaitu mampu meningkatkan energi. Berbagai jenis batu akik juga telah digunakan dalam penyembuhan beberapa jenis penyakit, misalnya saja membantu masalah pada gigi dan gusi, mengobati masalah perut (seperti masalah sistem pencernaan, serta mengurangi gastristis), menjaga ketahanan fisik, mengobati insomnia.
Hal ini karena batu akik dapat berfungsi sebagai sarana detoksifikasi tubuh, serta berbagai terapi penyembuhan lainnya.

9. Menambah kepercayaan diri

Penggunaan batu akik juga dipercaya mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang, yaitu dengan mengurangi tingkat stress, dan juga menghilangkan aura negatif dari dalam tubuh si pemakai.

Macam & Jenis Batu Akik


Ada ribuan bahkan jutaan jenis batu akik yang memiliki warna serta karakter yang berbeda. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis batu akik yang sangat populer saat itu, diantaranya adalah :

Batu merah delima (ruby), yaitu sejenis batu akik yang menggambarkan tentang kekuasaan, kemegahan, serta perasaan cinta. Batu ini juga dikenal sebagai “king of germstone”.

Batu kecubung (amethys), adalah sejenis batu akik yang memiliki warna ungu. Batu ini telah dikenal sejak zaman Mesir kuno.

Batu zamrud (emerald), yaitu batu akik yang memiliki warna khas, yaitu hijau. Batu ini konon hanya digunakan oleh golongan bangsawan, raja-raja, maupun para penguasa.

Batu serai, merupakan batu akik yang terbentuk dari jenis tanaman serai hutan yang berbunga. Batu serai ini memiliki beberapa macam warna seperti merah, kuning, jernih, biru, hijau,dan unggu.

Batu lafadz, yaitu batu akik yang memiliki gambar atau tulisan dalam bentuk tulisan arab. Namun keberadaan batu ini sangat jarang sekali bisa ditemui.

Batu jarum mas, yaitu batu akik yang berasal dari batu rutilated quartz yang memiliki beberapa macam warna seperti kuning, merah jambu, biru, hitam, atau putih. Namun pada umumnya batu akik jenis ini memiliki warna-warna jernih yang didalamnya terdapat warna kuning dengan bentuk yang menyerupai jarum.

Batu panca nur, adalah jenis batu akik yang memiliki lebih dari satu warna dalam setiap butirnya. Manfaat batu akik ini dipercayai mampu memancarkan kewibawaan pemakainya, menambah kepercayaan diri, menangkal marabahaya, serta beberapa khasiat lainnya.

Batu safir (nilam), yaitu batu akik yang memiliki struktur mineral tinggi, batu itu berbentuk kristal tunggal aluminium. Di Indonesia, batu ini sangat mudah dijumpai di pulau Kalimantan. Jenis batu safir yang paling terkenal adalah blue safir. Batu akik ini konon dipercaya dapat menjernihkan fikiran, meningkatkan kekuatan fisik, membawa kedamaian, kebahagiaan, serta dapat meningkatkan keyakinan dan tujuan hidup pemakainya.

Batu pirus (turquis), adalah batu akik yang memiliki warna hijau atau biru dengan jaluran urat di dalamnya. Batu ini memiliki campuran tembaga, aluminium, dan besi. Semakin biru warnanya, hal itu dapat menandakan bahwa kandungan tembaga dalam batu semakin tinggi. Namun jika warnanya semakin hijau, maka hal tersebut menunjukkan bahwa kandungan besi dalam batu tersebut sangat tinggi.

Asal Mula Batu Akik & Manfaat Dilihat Dari Jenisnya