5 Hal Yang Bisa Membuatmu Menjadi Lebih Baik Dari Orang Yang Sudah Menyakitimu

5 Hal Yang Bisa Membuatmu Menjadi Lebih Baik Dari Orang Yang Sudah Menyakitimu


Ada saat dimana kamu perlu menabur, dan ada saat pula kamu perlu menuai. Konteks kehidupan yang sebenarnya berasal dari itu. Kamu merasa hidup ini seperti tidak adil, rasanya ingin marah dan yang membuat lebih parah karena kamu merasa tersakiti. Tahanlah amarah kamu dulu, saya akan menjelaskan sedikit tips dari beberapa hal yang bisa kamu jadikan sebagai modal untuk ketenangan hati. Dengan mengetahui hal yang mungkin sebenarnya sederhana, bisa menjadikan kamu pribadi yang seolah kamu bisa selangkah lebih baik dari orang yang menyakitimu.

Sadarlah bahwa Tuhan Tidak Pernah Tidur

Bagaimanapun yang orang lain lakukan padamu atau apapun yang sudah kamu lakukan kepada orang lain tentu tak pernah luput karena kenyataannya Tuhan selalu mengetahui langkah kita serta apa yang kita rasakan. Tidak perlu simpan dendam dan amarah, layaknya sebuah karma. Bahwa segala sesuatu hal yang terjadi serta apapun yang dilakukan pastilah ada balasannya. Tuhan tidak pernah tidur, sadarlah bahwa cara terbaik dalam menenangkan diri ialah selalu ingat dengan Tuhan.

Dengan kamu memperbaiki diri kamu tentu hal seperti itulah yang tidak pernah terpikirkan oleh orang yang telah menyakitimu (baik di sengaja maupun tidak di sengaja).

Tetaplah berbuat baik, buktikan bahwa kamu lebih baik dari mereka

Kalau menurutmu dia salah? Apa yang membuatmu bisa menunjukkan bahwa kamu benar? Tentu pembuktian disini atas dasar keinginan kamu sendiri. Dengan menjadi diri sendiri , serta tunjukkan sisi positif kamu. Terkadang ada sesuatu semacam bakat yang menjadi hobi akan membuatmu membiasakan melakukan sesuatu secara menyenangkan.

Dan sisi lainnya, dengan kamu melakukan yang terbaik maka kamu seolah selangkah menjadi orang yang lebih baik di banding siapapun. Terutama dengan orang yang sudah menyakitimu.

Perbanyak waktu dengan orang - orang yang (juga) memiliki pikiran positif

Ketahuilah membangun karakter yang lebih baik berasal dari lingkungan sekitar. Salah satunya dengan berteman kepada orang - orang yang sepahaman denganmu. Habiskan waktu bersama teman - temanmu yang berpikiran positif dari situ kamu bisa membangun pola pikir yang menjadi lebih baik.

Orang yang sudah menyakitimu tentu tidak akan pernah berpikir demikian, sebab dia terlalu terlena dengan kebahagiaannya yang menuntun dia ke kebahagiaan yang semu.

Apa yang mereka tabur, itu yang ia tuai

Kembali ke point hukum karma, balaslah sesuatu hal dengan selalu melakukan hal yang baik serta mulia. Syukur - syukur bisa bermanfaat bagi orang lain. Hal itu tentu di buktikan dengan motivasi kamu yang tinggi, act yang seimbang serta pikiran yang selalu mengarah ke hal yang positif.

Pada akhirnya kamu tidak sadar, bahwa kamu bisa berubah menjadi lebih baik dengan diri sendiri, bukan orang lain

Maksudnya, lihatlah orang yang menyakitimu. Kamu berubah karena ingin membuktikan kalau kamu menjadi lebih baik? Tidak. Pada akhirnya kamu tidak menyadari bahwa kamu berubah dengan sendiriya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Mengarah ke hal yang positif selalu menjadi layaknya pedoman hidup untuk melakukan hal yang terbaik. Dan semua itu mengarah sejalan alur tanpa bentuk paksaan hingga kamu lupa bahwa dulu dia pernah menyakitimu.

Konklusinya, menunjukkan diri menjadi lebih baik tidak perlu dengan rasa dendam. Hal yang justru bisa terbalas dan terasa menyakitkan apabila dia tahu bahwa dia menyakiti orang yang salah? Kamu tidak perlu melakukan sesuatu yang buruk, sumpah serapah yang terlalu berlebihan. Akuilah bahwa dia menyakitimu, ya itu benar. Tapi bukan menjadi alasan mengapa kamu perlu diam diri dan tidak melakukan apa - apa.

Potensi dari dirimu menunjukkan karakter yang kuat jika kamu juga percaya pada dirimu. Kenali diri dengan cermat, maka kamu tak mengakui orang tersebut. Sedangkan orang tersebut, mengakuimu bahwa dia telah salah menyakitimu.
Baca selengkapnya »
Opini#1 (Katanya) Dukun Pelet Mahar Setelah Berhasil? Buktinya?

Opini#1 (Katanya) Dukun Pelet Mahar Setelah Berhasil? Buktinya?

paranormal mahar seikhlasnya, jasa paranormal mahar setelah berhasil, dukun pelet tanpa mahar, dukun pelet mahar belakangan, mencari paranormal tanpa pamrih, no hp paranormal gratis, paranormal tanpa bayaran, konsultasi pelet gratis, dukun pelet mahar setelah berhasil, website paranormal terpercaya, konsultasi paranormal online gratis, konsultasi paranormal jarak jauh, konsultasi spiritual gratis, bantuan paranormal gratis, dukun pelet kalau sudah berhasil


dukun pelet mahar setelah berhasil

Pendahuluan
Thread ini saya buat hanya untuk menggiring opini orang lain / kebanyakan orang, khusus nya bagi mereka yang saat ini sedang 'butuh bantuan' untuk menyelesaikan permasalahannya. Saya tidak bermaksud membandingkan artikel milik orang lain dengan cara meyakinkan artikel milik saya. Di dalam thread ini saya tidak bermaksud menyinggung / menjatuhkan pihak manapun. Dilain sisi, saya memang mencantumkan screenshot atau foto sebagai dasar pembahasan bahwa saya (mungkin) sependapat ataupun tidak sependapat. Dengan pertimbangannya saya sama sekali tidak menyertakan sumber darimana saya bahas agar tidak merasa di jatuhkan. Lebih tepatnya mengkritisi.

Memang tak menutup kemungkinan bahwa dalam permasalahan untuk penyelesaian permasalahan yang tak bisa di selesaikan sendiri, tidak sedikit yang menggunakan solusi alternatif agar permasalahannya bisa terselesaikan. Khususnya jasa pelet. Dari banyak nya macam permasalahan yang ia miliki seperti misalnya mendapatkan orang yang sangat di cintai, mengembalikkan pasangan yang masih di sayang, menjaga komitmen hubungan sampai ke jenjang pernikahan, masalah rumah tangga, ataupun permasalahan asmara lainnya. Dan tidak sedikit juga orang-orang yang menjadikan jasa pelet sebagai bentuk langkah penyelesaian terakhir agar permasalahannya terselesaikan.

Dengan dasar alasan inilah banyak beberapa orang pintar layaknya dukun, paranormal, ustadz, orang yang sekedar ingin mengamalkan ilmu (termasuk saya), dan orang pintar lainnya yang mempromosikan dirinya dengan dalih bisa bantu permasalahan-permasalahan tertentu. Baik di Buku Majalah Misteri, di Iklan koran, di Internet seperti forum, komentar, website (dari yang amatir sampai yang mahir dalam optimasi pencarian mesin penelusuran). Terkhususnya dari internet ini, banyak beberapa orang berlomba-lomba mendapatkan ranking 1 di pencarian mesin penelusuran agar dapat menggaet orang-orang yang butuh pertolongan agar mengunjungi artikelnya. Dengan memaksimalkan sebuah kata kunci banyaknya orang mencari beberapa yang ahli maupun pakar optimasi meningkatkan trafik pencariannya agar artikelnya bisa berada di posisi yang baik.

penelusuran jasa pelet

Dari potongan screenshot tersebut jelas bahwa banyak sekali kata kunci dari beberapa artikel yang mengarah tentang jasa pelet. Dan hal yang cukup menarik nya biasanya penelusuran yang tertarik berkaitan dengan banyaknya orang lain yang juga mencari kata kunci tersebut. Artinya kata kunci yang berkaitan pun bukan hanya tentang jasa pelet saja. Dan ini beberapa contoh lainnya dari beberapa keyword yang biasanya di cari:

penelusuran jasa pelet ampuh
penelusuran jasa pelet murah
penelusuran jasa pelet jarak jauh

Ini adalah beberapa kata kunci yang masih berkaitan dengan jasa pelet. Dan hal yang cukup menarik seperti yang saya jelaskan bahwa penelusuran yang terkait itu berkaitan dengan banyak nya orang yang mencari kata kunci (keyword) di pencarian google . Artinya banyak orang yang mencari kata kata tersebut. Perhatikan kata kunci "mahar setelah berhasil" , "mahar belakangan" , "mahar belakangan", dan semacamnya. Betapa banyaknya orang yang mencari kata kunci yang berkenaan tentang permasalahan nomimal yang di berikan (mahar) di akhir. Saya memang awalnya terkejut, hingga akhirnya saya memaklumi bagi mereka yang memang keberatan dengan nominal di awal tapi pengennya permasalahan selesai. Kemudian saya memutuskan untuk membuatkan thread tentang jasa pelet mahar setelah berhasil dan untuk lebih jelasnya mengenai artikel tersebut silahkan kunjungi di deskripsi Artikel yang masih berkaitan di atas.

Perhatikan lebih teliti, saya ambil contoh dari 4 kata kunci barusan:

kata kunci jasa pelet
kata kunci jasa pelet ampuh


kata kunci jasa pelet murah

kata kunci jasa pelet jarak jauh

Note:
  • Kata seikhlasnya saya cantumkan sebagai macamnya
  • Beberapa kata kunci juga sebenarnya ada
  • Tidak menutup kemungkinan kata kunci lainnya lebih banyak

Dari beberapa screenshot tadi saja sudah bisa di lihat bahkan ada sampai 9 kata kunci yang berkaitan tentang mahar setelah berhasil dari 1 hasil penelusuran yang terkait. Animo orang yang membutuhkan bantuan tapi inginnya bayar di akhir ternyata banyak sekali. Mungkin disisi lain sebagai upaya mawas diri, dilain sisi juga paling cuma sekedar iseng (karena saya beranggapan bahwa permasalahan cinta hitungannya bukan sekedar materi, jadi saya menilainya ngga niat).

Dan saya mencoba untuk mencari pencarian di google mengenai kata kunci (keyword) jasa pelet mahar setelah berhasil.


Bahkan sampai 16.300 hasil, itu angka yang tidak sedikit bagi orang yang memikirkan  jasa pelet sebagai alternatif permasalahannya. Bisa kah kamu hitung 16 ribu artikel untuk 1 kata kunci mahar setelah berhasil. Banyak sekali orang yang menuliskan artikel dan yang cukup terkejutnya sampai 16 ribu artikel (mungkin tidak sebanyak itu juga karena beberapa lainnya ada yang berupa cache, website directory, backlink, web 2.0 pendongkrak SERP, dan pendukung lainnya).

Sebelum itu saya akan mengambil garis kesimpulan dari pendapat saya mengenai alasan mengapa banyak orang yang ingin sekali mencari jasa pelet mahar setelah berhasil:

1.) Menghindari Penipuan Jasa Pelet


Saya memang akui semakin banyaknya artikel yang beredar (khusus dari internet) maka semakin besar juga kemungkinan tertipu. Sebagai langkah inisiatif kita sebenarnya membutuhkan namanya selektif dalam menentukan siapakah yang terpercaya. Apakah yang posisinya di ranking 1 pencarian google? Apakah yang harus bersifat menakuti? Jelas kita sangat susah dalam menentukan bagaimana caranya membedakan yang mana paranormal/dukun asli atau palsunya.

Mungkin saya tidak membandingkan secara perspektif dalam acuan bahwa saya adalah asli, ini sebagai bentuk opini saya. Tapi ada benarnya juga sambil kita juga berpikir lebih jernih dan memahami apa yang saya katakan semoga jadi bahan pertimbangan.

Inilah perbedaan paranormal / dukun asli dengan paranormal / dukun palsu:


a.) Paranormal / asli pasti mau mahar setelah berhasil. Tapi benarkah demikian?

Mungkin tidak ada salahnya juga kita menyimpulkan bahwa seseorang yang memiliki ilmu pasti lah mau di bayar akhir. Toh kalau tidak di bayar tinggal di lepas aja. Dalam segi ini sebenarnya saya sangat tidak suka dengan orang yang memiliki pola pikir seperti ini, seakan perasaan orang bisa dia ubah sesuka hati. Apa yang saya katakan tadi mungkin memang tidak salah, tapi ada beberapa orang yang menjadikan alasan ini sebagai alasan kenapa tidak memperbolehkan mahar setelah berhasil. 

Meskipun demikian sebenarnya Jasa Pelet yang dapat di percaya itu tidak mesti yang memperbolehkan mahar setelah berhasil. Tidak sedikit beberapa orang yang menerapkan nominal mahar harus di awal itu terpercaya. Bahkan tidak sedikit juga yang memperbolehkan mahar di akhir itu penipu. Kita ambil contoh, memperbolehkan mahar di akhir tapi harus DP terlebih dahulu, dan parahnya nominal DP yang di minta setara dengan nominal maharnya. Oleh karena itu, mahar setelah berhasil tidak menjadi patokan bahwa paranormal atau dukun itu jujur ( terpercaya ).

b.) Perhatikan track'in record, pengalaman pribadi serta testimonialnya.

Poin ini saya kira sangat penting dalam menentukan apakah paranormal atau dukun itu terpercaya atau tidak. Pertama yang harus kita lihat adalah beberapa pengalaman dari klien yang telah meminta bantuan dengannya. Bisa kamu lihat di laman testimonialnya, bukti konsumen, ataupun laman lainnya yang berkenaan tentang bukti yang pernah meminta bantuan dengannya. Sebenarnya hal ini tidak bisa menjadi patokan utama apakah paranormal/dukun itu asli atau tidak. Sebagai antisipasi, kita sebenarnya bisa berpikir jernih dengan melihat testimonialnya saja kamu bisa menilai orang tersebut di rekomendasikan atau tidak. 

c.) Domain situs yang digunakan dalam mempromosikan.

Saya benci mengakuinya, tapi kenyataan yang sebenarnya adalah banyak sekali penipuan akibat konsultasi yang salah  dari alamat situs berdomain gratis-an ( blogspot, wordpress, dan semacamnya ). Meskipun penggunaan domain berbayar .com tidak menjamin bahwa situs tersebut terpercaya, tapi kamu bisa meminimalisir kemungkinan untuk tertipu. 

d.) Hindari situs yang bersifat dengan dalih bisa bantu hal hal yang tidak masuk akal.

Meskipun sebenarnya ketika kita menganalogikan menyelesaikan permasalahan cinta lewat alternatif itu salah satu hal yang berlawanan dengan logika, tapi mungkin ada beberapa hal yang perlu kamu hindari juga. Misalkan disamping bisa membantu permasalahan cinta, dia juga menawarkan jasa santet (membunuh orang via online) hanya dengan nama foto target maka target akan MATI, ataupun jasa penglaris (semacam pesugihan via online), dan yang paling tidak masuk akal jasa susuk, via online pula.  Ya meskipun ke-3 hal itu diluar dari kemampuan saya, tapi sepengetahuan saya ke-3 hal tersebut sama sekali tidak bisa kita logika-kan pake logika. Misalkan jasa santet, mungkin memang ada tapi kamu juga perlu tahu dalam periwayatan santet pula ada semacam ikrar. Begitupun dengan pesugihan yang ada semacam janji atau ikrar dari si peminta, apalagi susuk. Intinya, jika ada situs / website yang mengatakan dengan dalih bisa bantu tapi juga bisa membantu permasalahan pelet saya akan jamin bahwa mereka itu 100% penipuan.
Sebenarnya ada cara yang simple/sederhana untuk mengetahui apakah jasa pelet itu beneran atau palsu. Kamu bisa mencari di google dengan kata kunci Penipuan Jasa Pelet maka kamu bisa mengetahui setidaknya daftar situs yang bisa kamu hindari. Hanya saja yang lebih mirisnya lagi ketika pihak yang bersangkutan memberitahukan info mengenai paranormal / dukun palsu, dia justru merekomendasikan situs website yang dia beritahu dan ternyata situs / paranormal / dukun itu penipuan. Itu sudah banyak terjadi dan saya menemukan 1 referensi dari komentar yang mengaku telah tertipu oleh blog yang memberitahukan info daftar dukun penipu tapi dia merekomendasikan Penipu juga.



2.) Keberatan nominal yang di berikan di awal (mau nya mahar di akhir)

Memang atas dasar alasan apalagi selain keberatan dengan nominal di akhir? Jelas karena itu alasan yang sangat mendasari. Terlebih mungkin karena dia pernah tertipu, atau mungkin dia hanya sebatas mempermasalahkan nominal yang akan berikan. Saya tidak mengambil pusing orang yang seperti ini. Meskipun saya memang memperbolehkan beberapa permasalahan yang memang di perbolehkan di akhir, tapi ini hanya sebagai bentuk pengertian dari saya bagi mereka yang memang mau nya seperti itu. Sebagai gantinya dia lah yang melakukan sepenuhnya amalan tersebut (tapi saya tetap membantu dalam mengarahkan dan mengijazahnya).
Beberapa amalan yang mungkin kamu bisa sekedar baca atau perlu kamu ketahui silahkan baca di bawah ini:
Ini beberapa amalan yang perlu di amalkan sesuai dengan permasalahan yang di miliki dan saya menuliskan amalannya di masing masing permasalahan yang 'di perbolehkan' mahar di akhir

Amalan Jizafat / jihafahAmalan La Ukhibbuki/ Ukhibbuka QidrohAmalan Yamlatun HadilahAmalan Al - Athaya:

merah = Amalan yang bersifat Jizhafin (konteks hubungan)
jingga = Amalan Intowa (mendapatkan)
kuning = Amalan Nadhin (mempertahankan)
coklat = Amalan Imasna (beberapa pengecualian lainnya yang masih berhubungan)

Amalan Jizafat / Jizafah< Amalan 1 لي زايييد موفيداتين لي قوري نول هاياه، ليل نصب فال مالايكاتي نازهيفاتيكا لي وتاميما ماهابباتان(...) نآزريهالا اوززاها وال يلايييه فيل ماهابباتاين LI ZAYYID MUFIDATIN, LI QORI NUL HAYAH, LIL NASHAB FAL MALAIKATI, NAZHIFATIKA LI UTAMIMA MAHABBATAN (nama orang yang di cinta), NAZREHA LA UZZAHA WAL ILAIYI WAL ALIYYI FIL MAHABBATEN Amalan 2 ضي فاشييدن لا قيوة؛ تؤرز إزهابا؛ل خورز تعوارز ابيدانا زافاتيكا ليل ولوم فهنرق(...) آخيتهي ؛قويو ٱللا هادرته فل مهبباتين DI FASYAHIDIN LA QORI TA'WARIJ IZHABA EL KHOWARIZ, TA'WARIJ ABIDANA ZAFAHATIKA LIL ULUM, FAHNARIQ (nama orang yang di cinta) UKHYATIHI. EL QOWIYYU ILLA HADROTIHI FIL MAHABBATEN Amalan 3 فهياده كتبه ول قرياه جزفه ناببح يمني ول خصصن(...) ضع سجدكو فرضه يا سلمو وا اليت نزر نا مهببتاين FAHYADIHI KITABUHU WAL QORIAH, JIZAFIHI NABIBUKHA YUMNI WAL KHUSUSON (nama orang yang di cinta) DOA SUJUDKU FARIDHOH YA SALAMU WA ILYATI NAZIRIN NA MAHABBATAN FILLAH Amalan La Ukhibbuki / Ukhibbuka Qidroh

Amalan 1

كفه نزرلسام مكرام ذفهول نو اكرمه لي ادولقن اسمها(...) هفضين ف ال مهببتاين

KAFFAH NAZRULISAM MUKAROM DZAFIHAWALI NU AKROMAH, LI ADWALIKUN ISMUHA (nama orang yang di cinta) HAFIDHIN FIIL MAHABBATEN

Amalan 2

زوهتنا لا تهزن رفقون بركه وا كرمه نفلهتينا ذوجتنا اسمه(...) ما ال اعمل فهي نيتن ها نزبها افنهوم مهببتاين

JAUHAZIHA LA TAHZAN ROFFIQUN BAROKAH, WAKARROMAH NAFLAHATINA DZAUJATINA ISMUHU (nama orang yang di cinta) MAAL A'MAL FI HIN NIYATAN, HA NAZBUHA IFNIHUM MAHABBATEN

Amalan Yamalatun Hadilah

Amalan 1

اجزتوه نفا تزوجها  نقتون سا اعمالكا نز اخبا فضلهون نفدلهاه(...) زكيتلاه كرمنا ازلكا فل مهبتبتايب

IJAZATUH NIFA TAZWIJAHA NIQOTUN SA AQMALUKA NAZ AKHABBA FADLOLIHUN NAFDILAHAH (nama orang yang di cinta) ZAKIYATILLAH KARAMNA AZALUKA FIL MAHABBATAIN

Amalan 2

اجزتوه نفا تزوجها نقتن مردن ل تفالهو بل نيت ما ازهبا ل اقرو ندقن ال وزهلا مراتهي (...) سلمفنا من فيل مهبباتن

IJAZATUH NIFA TAZWIJAHA NIQOTIN MURIDAN LA TAF'ALU BIL NIYATI MA AZHABA LA UQROWI NADIQUN ILLA WAZHALA, MI RO'ATIHI (nama orang yang di cinta) SALMAFINA MIN FIIL MAHABBATEN

Amalan 3

نهيتن وانكهها اندا كلي امرهي قالا هملها اهرهي ن ال موتي (...) ينسا اللاه فا الا وا رهمتن قدري قدريهي نفدزل نا مهببتاين

NIHAYATUN WANIKAHAHA INDA KULLI AMRIHI, QOLA HAMLAHA DO ATI AKHRIHI NAAL MAUTI (nama orang yang di cinta), INSYA ALLAH FA'ALA WA ROHMATAN QODRI QODRIHI NAFDZALI NA MAHABBATEN

Amalan Al-Athaya

Amalan 1

الا هدرتن فا ال انا هزبكا ل اسملنا قستنلا سم اها زكياه تين (...) لدزن لفدزتن لسنو كهر ما ان اسما ان دا كل فل مهببتاين

ILLA HADROTIN FAAL ANNA HIZBUKA EL ASMALUNA, QISTINLA SAM AHA DZAKIYAH TEN (nama orang yang di cinta) LAFADZAN LIFADZATAN LISANU KHOIR, MAAN ASMA ANDA KULI FIL MAHABBATEN

Amalan 2

نتهاي دهون ل قوهي ندرين يكهونا اكهوت كلمو نفي افكسني هسنا(...) هجبتن فا ال مهبباتاين

NATHAYA DIHWAN LI QOWIHI NADARIN IKHWANA AKHWAT KALAMU NAFI IFLISANI HUSNA, (nama orang yang di cinta) HIJABATAN FIIL MAHABBATAIN

Amalan 3

هدهيمه يتهي الولها سنتكا لا املكو(...) افدن انسل انسلنا مزهبا افلهو مهببتاين

HUDHAIMAH ITHYA ALWALIHA SANATIKA LA AMLIKU (nama orang yang di cinta) IFDAN ANSAL ANSALNA MAZHABA IFLIHU MAHABBATAIN

Amalan 4

نزهبا تجودها لا اكهر ودنهي كتني فل اكهب(...) هم زوجها و انلهيتي اردهو فل مهببتاين

NAZHABA TAJWIDAHA LA AKHIRI WADNIHI KUTUNI FIL UKHIBBU (nama orang yang di cinta) HUUM DZAWIJAHA WAANI'LAHAYATI ARDUHU FIL MAHABBATAIN.

Amalan 5

نتهيا دهون ل قوهي ندرن يكهونا اكهوت نا تقدري(...)، ن ام بي هسبني فا يسم هسنا مكيتهي فال مهببتاين

NATHAYA DIHWAN LI QOWIHI NADARIN IKHWANA AKHWAT NA TAQDIRI (nama orang yang di cinta), NAAM BI HUSBANI FA ISMI HUSNA MAKAYATIHI FIIL MAHABBATEN

Cara mengamalkan:
  • Sebelum mengamalkan tentu konsultasikan dulu ke saya mengenai permasalahannya, dan saya akan memberitahukan amalan yang lebih spesifik mengarah ke penyelesaian permasalahanmu
  • Jangan mengamalkan sebelum saya memberikan konfirmasi / arahan bahwa saya sudah membuka ijazah / riwayat. Ada ketentuan ikrar di luar dari komitmen pemberian nominal yang di haruskan, jadi jangan asal main mulai saja (kalau tetap dilakukan saya lepas tangan / tidak peduli)
  • Amalkan sesuai waktu yang saya arahkan, contoh misalkan: amalkan pada saat rindu, amalkan pada saat kamu mengingatnya, amalkan jika memungkinkan bertemu. Dan lain sebagainya
  • Pastikan bahwa kamu benar benar menghafal dengan fasih (di luar kepala) tanpa melewatkan satu pun makna amalan (lafadz dan sebagainya)

Hal yang perlu kamu tahu sebelum mengamalkan:
  1. Diluar dari kemungkinan berhasil yang saya katakan ketika kamu konsultasi, itu akan berbeda presentasinya karena beda periwayatannya. Jadi saya hanya menjamin apabila kamu memang mengamalkannya dengan cara benar maka Insya Allah sesuai dengan apa yang di harapkan
  2. Cara mengamalkan bersifat mutlak, jika memang ada yang terlewat atau salah (kurang) itu sudah di pastikan gagal
  3. Berkenaan tentang lama reaksi kenanya masih sama seperti yang saya katakan, jika cara mengamalkan sudah benar
  4. Jangan pernah menyamakan apa yang kamu lakukan dengan cara saya mengamalkan. Saya hanya berusaha memahami pemikiran orang atas ketidak percayaan dari reaksi sudah saya janjikan hingga dia memutuskan untuk melakukannya sendiri
  5. Amalan di atas tidak bisa di lakukan (bereaksi) dengan permasalahan lain. Jika permasalahanmu berbeda dari yang bersangkutan (mengembalikkan seseorang yang dulu pernah di cinta / mantan, dalam konteks merusak hubungan dan mengembalikkan, mendapatkan seseorang yang memiliki pasangan, permasalahan rumah tangga, permasalahan hubungan karena ada nya pihak ketiga)
Selain itu, saya akan menjelaskan mengenai reaksi amalan gagal (tidak ada reaksi) akan terjadi apabila:
  • Tidak pernah meminta ijazah sebelum konsultasi (asal mulai)
  • Amalan tidak di hafal sungguh sungguh
  • Perbedaan permasalahan yang terjadi (variatif)
  • Tidak karena atas dasar niat (sejak awal memang tidak ada kesungguhan)
  • Lupa penerapan amalan dari waktu yang di butuhkan, atau keadaan dari si target (orang yang di cintai)
  • Kehendak yang memang sudah di atur oleh Tuhan, atau beberapa hal lainnya


3.) Tidak ada niatan serius dari awal

Ya ini alasan tepat untuk saya. Mungkin memang terkesan bahwa saya memaksakan diri saya untuk memperbolehkan, tapi kenyataannya memang seperti itu. Padahal saya sudah menjelaskan tentang kemungkinan pasti berhasilnya (bahwa jika ada kemungkinan gagal pasti saya akan mengatakan di awal kalau saya tidak akan bantu), mengenai lama waktu kenanya yang pasti, atau pun hal yang memperbolehkan pengembalian mahar bahkan saya sudah menuliskan threadnya mengenai ketentuan refund. Ada testimonial jelas dari beberapa / sepersekian persen orang yang sudah minta bantuan dan berhasil, yang hitungannya lebih dari ratusan. Terus letak ragunya dimana lagi jika orang tersebut memang tidak serius?
Baik diluar dari pembahasan alasan orang menginginkan mahar setelah berhasil, memang dalam ungkapan perumpamaan mengatakan "Pasar akan mengikuti keinginan konsumen". Seolah membuktikan ungkapan itu benar, banyak sekali artikel yang membahas tentang mahar di akhir. Kalau misalkan mahar boleh di akhir, kalau gagal ngga perlu bayar dong? yaa mungkin ada benarnya juga. Tapi coba ketahui lebih dalam mengenai beberapa situs yang memperbolehkan mahar di akhir. Dari 20 situs yang masing masing dari page 1 dan page 2.

Halaman 1 (posisi 1 - 5)

Halaman 1 (posisi 6 - 10)

Halaman 2 (posisi 1 - 5)

Halaman 2 (posisi 6 - 10)
Meskipun katanya mahar setelah berhasil, tahukah kamu sebenarnya itu tidak benar-benar mahar di akhir. Padahal katanya mahar diperbolehkan di akhir, tapi kok tidak sesuai dengan judulnya. Beberapa contoh yang saya ambil, diantaranya:


Katanya mahar di akhir, kenyataannya mesti di bayar di muka. Adapun mahar sistem DP tapi nominal nya bahkan sama atau bahkan lebih dari nominal mahar di awal yang katanya 550rb. Dan lucunya adalah ada jenis kekuatan pelet 'bertahan', kategorinya (terkhusus lawan jenis dan sejenis), dan bonus plus plusnya pula. Tapi konon, usut punya usut thread ini sudah terbukti penipuannya. So, jangan
konsultasi di thread itu.

Saya tidak mengerti maksud orang ini apa dengan memperkenalkan dirinya dengan dalih membersihkan nama paranormal, kemudian tergerak dan terjun di online. Tapi mengenai beberapa alasan yang di jelaskan sebenarnya memang tidak salah. Bahkan saya menyukai statementnya yang mengatakan "Kalau emang dia paranormal beneran kenapa tidak berani ambil keputusan mahar di akhir? Kalau misalkan takut karena si pemohon curang tinggal di lepas aja"' Masuk akal? Yaa buat saya juga masuk akal sih soal itu. Dengan prinsipnya membantu ekspetasi saya berharap bahwa apa yang dia katakan bisa di analogikan sebagai bentuk upaya ikhlas bantu orang. Dengan nominal mahar yang dia jadikan sebatas rezeki. Awalnya saya melihat ini hal yang positif. Tapi setelah itu..


Ada beberapa komentar yang menjelaskan di komentar bahwa dia kapok karena ada kliennya yang kabur dan tidak mau memberikan maharnya. Setelah itu dia jadi kapok . Drama sekali bukan? Sayang sekali awalnya saya berpikir dia bakal konsisten, kenyataanya sama saja.

Yang membuat saya tertarik adalah:
  1. Dalam sisi ilmu psikologi kata "ada" itu sebenarnya berhubungan dengan perorangan / satu, bukan ruang lingkup kebanyakan. Seandainya memang dia mengubah kebijakan dalam proses mahar seharusnya alasannya karena banyak bukan ada.
  2. Yang mengomentari seolah olah dia tahu persisnya, kalau yang bersangkutan tidak ingin membantu orang lain karena kapok ada yang tidak bayar mahar. Dengan mengkondisikan posisi sia sendiri bahwa banyak yang butuh bantuan. Mengapa dia bisa tahu detail mengenai permasalahan orang yang bersangkutan? Boleh tidak saya berpikir bahwa yang komentar ialah orang yang bersangkutan (akun clone dengan pemilik yang sama dengan si pemilik blog)
  3. Dia sendiri yang mengatakan kalau misalkan ada klien yang tidak bayar mahar, tinggal di lepas aja. Ya seharusnya tidak perlu mempermasalahkan mahar, tinggal di lepas saja kok malah jadi Baper ngambek tidak mau mahar di akhir karena ada yang tidak bayar. Masuk akal kan?
  4. Di komentar di bawahnya, ada yang mengatakan di saat berjanji mau bayar mahar, si aki malah tidak mau bantu. Jadi sedih rasanya. Coba saja kamu chat, langsung secepat kilat balasnya. Ketika sudah di chat dan kamu berhenti di tengah jalan, orang yang bersangkutan bakal 'ngemis-ngemis' minta kepastian kapan dimulai. Bahkan dikasih diskon pula. Apa yang dia maksud dengan tidak mau bantu?

Sebenarnya saya tidak bermaksud untuk menyinggung dan saya kira itu tidak menyinggung, karena dia juga menjelaskan mengenai pendapat untuk berpikir jernih. Setiap orang pinter memiliki cara untuk meyakinkan dirinya sendiri agar si pemohon bisa minta bantuan kepada orang yang memang tepat. Di lain sisi saya mungkin menghargai upaya tersebut. Walaupun tidak bisa memastikan benar tidaknya. Saya tidak menyukai statement dia di nomor 2 dan 3 pada threadnya. Pelet itu butuh tumbal dan tidak ada sejarah pelet yang langsung instant (si pemohon tidak melakukan apa apa). Seolah dia benar benar mengerti segalanya dan mengajak orang untuk berpikir yang sama dengan cara asumsi dia dengan dalih waspada. Dengan harapan orang lain bisa minta bantuan kesitu padahal apa yang dia katakan TIDAK ADA BENARNYA SAMA SEKALI.



Dari ketiga contoh screenshot yang saya upload, mereka hanya menggunakan jasa pelet mahar di bayar setelah berhasil / jasa pelet mahar setelah berhasil hanya untuk mengambil kata kuncinya saja. Dan dalam proses pengamalannya pun tentu tidak di perbolehkan mahar setelah berhasil. Mengapa mereka menulis judul artikel, heading artikel mahar setelah berhasil yang tidak sesuai dengan isinya? Karena orang seperti mereka sadar bahwa pencarian kata kunci jasa pelet mahar setelah berhasil itu tidak sedikit. Memanfaatkan peluang tersebut, beberapa orang yang pintar dalam meningkatkan kata kunci pencarian mesin telusur ini menargetkan pasien atau klien yang memang membutuhkan pelet mahar di akhir untuk mampir atau melihat isi artikelnya. Dan pada akhirnya dalam konsultasi, karena tertarik ya mau tidak mau mesti memberikan mahar dengan harapan masalah terselesaikan. Lalu apanya yang mahar setelah berhasil?

Saya akan menjelaskan satu hal yang saya harap kamu mengerti bahwa sebenarnya  jasa pelet mahar setelah berhasil itu tidak pernah ada. Okey kita ambil kesimpulan sederhana. Kamu tidak percaya? Coba silahkan konsultasikan ke beberapa orang yang menuliskan artikel mahar di akhir. Kalau dapat? Berarti orang tersebut hebat, dalam arti benar benar berkenan untuk membantu dan lebih mengesamping perasaan target di banding si pemohon karena sebenarnya ketika seseorang memutuskan untuk mengakhiri hubungan, atau pun tidak ingin menjalin hubungan dengan orang tersebut (pemohon) ya pada saat itu dia sudah menentukan pilihan hidupnya. Dan untuk mengubah sebuah keputusan yang (mungkin) tepat itu kita tidak bisa menghitung semua kebahagiaan itu dengan materi loh. Tapi apapun itu, yang  namanya jasa pelet mahar di akhir itu tidak pernah ada yang mau. Seandainya ada yang mau, paling di wajibkan DP terlebih dahulu (yang nominalnya bahkan hampir sama dengan nominal mahar itu sendiri).

Dan mungkin hanya sayalah yang memperbolehkan mahar di akhir, mungkin saya bisa klaim seperti itu. Seandainya orang lain ada, berarti niat saya dengan orang tersebut sama. Hanya saja kejadian dalam permasalahan mahar di akhir sering sekali di jadikan sebuah alasan ketidakseriusan dalam penyelesaian permasalahan, dan pada akhirnya mereka hanya menginginkan instant, setelah kelar baru bayar. Saya memang memperbolehkan mahar di akhir dengan syarat dalam proses sepenuhnya klien yang melaksanakan (mengerjakan amalan) seperti yang sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya maupun kata kata di atas. Setidaknya dia bisa bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan tapi masih keberatan sebatas nominal yang akan di berikan.

Hanya saja, masih ada saja orang yang benar benar menginginkan mahar di akhir, tapi orang tersebut tidak ingin melakukan apa apa alias terima beres baru bayar. Logika nya ngga di pake..


Ini contoh WhatsApp dari salah satu orang yang pengennya mahar di akhir tapi dia tidak ingin melakukan apa-apa. Pada saat saya sudah membuka ijazahnya, justru dia berharap yang mengamalkan saya tapi dia sok terima beres. Setelah tahu dia yang di haruskan mengerjakan dia malah kabur tanpa permisi. Dalam hal ini saja sebenarnya sudah terlihat bahwa keseriusan dia dalam mendapatkan orang yang di cinta hanya keberatan dari nominal yang akan di berikan. Setelah ini mungkin ada beberapa asumsi "Kalau misalkan tidak niat membantu mahar setelah berhasil lebih baik tidak usah aja jika mesti lakukan sendiri", tapi bagaimana kalau begini "Jika memang tidak ada keniatan untuk menyelesaikan permasalahan cinta yang akan kamu bawa seumur hidup kamu tapi masih memikirkan uang yang di berikan, lebih baik tidak usah berpikir untuk menggunakan jasa pelet". Terlepas dari itu saya menghargai setiap ikhtiar / usaha orang demi mempertahankan hubungan / mendapatkan orang yang di cinta dengan sungguh-sungguh.

Konklusi Opini#1:

Ketika kamu memang benar benar menginginkan orang yang kamu idamkan, mungkin karena dia perempuan yang cantik, idamanmu. Ataupun karena dia adalah lelaki yang ganteng, pujaanmu. Kamu selalu memikirkan dia di setiapmu dan tak sadar bahwa setiap waktu luang mu selalu kamu sempatkan untuk memikirkannya. Ketika rasa cinta itu memuncak, hingga kamu benar-benar merasa bahwa dia adalah orang yang akan menemanimu selama hidupmu dan bahagia selamanya.

Ketika dalam hubunganmu berjalan dengan lancar, berawal dari cinta yang sama-sama memiliki komitmen. Selalu bisa bahagia dan ingin bahagia selamanya. Dan suatu saat ternyata orang tersebut malah meninggalkanmu. Entah itu karena memang salahmu, atau itu karena keputusan. Apapun itu yang kamu tahu dan kamu inginkan hanyalah dia kembali. Dan berharap kamu bisa menjalin hubungan dengan dia terus sampai akhirnya kamu menikah kelak.

Ketika kamu berumah tangga, kamu adalah keluarga kecil yang ideal. Sama-sama saling melengkapi satu sama lain awalnya, hingga suatu saat ternyata pasanganmu mulai menunjukkan sikap perubahan yang berbeda. Menjadi kasar, atau pergi dan memutuskan untuk mengakhiri hubungan. Kamu akan sangat bersedih hingga kamu berharap bahwa kelak hubungan rumah tangga kalian bisa selamanya sampai kamu dengan pasanganmu di surga kelak.

Pernahkah terpikir, setiap harapan yang akan kamu miliki ini sangatlah ingin kamu alami. Memiliki seseorang yang bisa selalu menemanimu dan mendukungmu dalam doa maupun support dalam nafas. Ketika kamu bisa membagi kesuksesan dan membagikan pengalaman kesuksesanmu dengan orang yang kamu sayang, kamu idamkan, menjadi idaman untuk pendamping hidupmu. Ketika kamu memiliki permasalahan tersebut dan kamu menginginkan apa yang kamu inginkan, masa iya semua itu hanya terhitung dari materi yang akan kamu berikan . Pemberian nominal mahar memang selayaknya di awal, itu commit. Tapi sadarkah bahwa itu akan berdampak dengan apa yang akan kamu miliki di seumur hidupmu, dan uang ratusan ribu yang kamu berikan sama sekali tidak ada artinya. Jika mungkin kamu hanya takut dengan hilangnya nominal, kamu juga akan kehilangan dia. Berpikirlah jernih (yang tidak harus cerdas) bahwa materi/uang/harta apapun itu masih bisa di cari. Apalagi nominalnya yang sebenarnya kecil. Keikhlasan itu bukan terhitung dari berapa banyak yang kamu berikan, tapi seberapa berartikah apa yang akan kamu dapat. Konsultasikan permasalahanmu agar permasalahanmu terselesaikan, pahami prosesnya maka dia akan menjadi milikmu selamanya sebagai pendamping hidup matimu.
Baca selengkapnya »
7 Alasan Untuk Menghindari Mudahnya Kata Putus Saat Marah

7 Alasan Untuk Menghindari Mudahnya Kata Putus Saat Marah


Bagaikan batu kerikil di sepanjang perjalanan, pertengkaran di dalam sebuah hubungan itu memang tak dapat dihindarkan. Dengan pertengakaran ini lah kamu dan dia juga bisa saling mengenal satu sama lain. Namun ketika emosi sudah saling memuncak, maka pertengkaran kalian tak akan mampu menemukan kata damai. Bahkan kalian justru berakhir dengan marahan dan tak jarang dengan aksi saling diam.

Momen seperti ini pun terkadang kamu gunakan sebagai aksi merajuk yang sebenarnya bisa di katakan kelewatan. Kamu merajuk dan bermain-main dengan kata putus untuk kepuasan hati sebagai seorang pasangan. Iya, kamu selalu puas dengan bermain kata putus karena pasanganmu akan selalu kembali lagi kepadamu. Lalu bagaimana jika semesta mengubah jalan pikirannya? Mungkin kamu dan dia tidak ada harapan lagi untuk bersama. Oleh sebab itu, bermain-main dengan kata putus itu sama sekali tidak ada faedahnya. Buat kamu yang masih mempertanyakan mengapa, kamu bisa baca dulu hal-hal di bawah ini. Siapa tahu kamu jadi tersadar dan tidak mudah berkata minta putus lagi.

1. Kalau ingin menguji keseriusan pasanganmu, bukan begini caranya. Masih ada cara lain yang lebih elegan selain mengumbar pisah saat marahan


Terlalu mudah mengancam untuk minta pisah sering kali diibaratkan sebagai sebuah pengujian. Kamu menggunakan alasan menguji keseriusan pasanganmu agar kamu bisa melontarkan kata putus saat marahan. Padahal, sebenarnya masih ada berbagai macam cara yang lebih elegan untuk menguji keseriusan pasanganmu. Salah satunya dengan melihat hal-hal yang pernah dia lakukan untukmu. Kalau selama ini dia tulus saat bersamamu dan tidak pernah bertingkah yang merugikanmu, sangat jelas sudah kan keseriusannya? Tidak perlu menggunakan alasan minta pisah segala demi tahu seberapa serius dia denganmu.

2. Mengobral kata pisah merupakan bukti nyata bahwa kamu belum dewasa. Kalau sedikit-sedikit minta pisah, bagaimana bisa punya masa depan berdua?


Menjalani hubungan dengan dewasa biasanya lebih memiliki kesempatan untuk bersama seterusnya. Karena hubungan yang dewasa ini jelas jauh dari drama. Tapi jika kamu sangat mudah minta putus ini mencerminkan hubungan yang tak dewasa. Kamu lebih mementingkan ego dan gengsi daripada pasanganmu sendiri. Buktinya kamu tak segan-segan meminta pisah hanya karena masalah yang belum atau tidak terselesaikan. Kalau sedikit-sedikit minta putus seperti ini, kesempatan untuk bersama sampai tua nanti akan semakin kecil terbuka.

3. Main-main dengan kata pisah itu nggak ada manfaatnya. Kamu justru dianggap pribadi yang sering menekan pasangan


Segala sesuatu yang dilakukan memang seharusnya mempunyai manfaat. Agar kamu tak sia-sia mengeluarkan tenaga dan waktu serta tak ada orang lain yang merasa dirugikan. Sekarang coba kamu pikirkan dan renungkan lagi. Permintan dikit-dikit pisah ini apakah ada manfaatnya bagi dirimu dan pacar? Kalaupun ada manfaatnya pasti kecil sekali dan lebih banyak merugikannya. Sudah sedikit sekalj manfaat, kamu juga akan mendapat predikat pribadi yang kurang menyenangkan, yaitu suka menekan pasangan.

4. Dikit-dikit minta pisah saat marahan jelas bukan prestasi. Justru itu sesuatu yang tidak layak kamu banggakan, tapi perlu dikurangi


Kalau alasanmu dikit-dikit minta pisah hanya untuk memiliki sesuatu yang dibanggakan, mungkin kamu sangat perlu kurangi dari sekarang. Karena hal yang kamu lakukan itu jelas bukan prestasi. Kamu justru mencederai hubungan kalian dari dalam. Sebab kata pisah seharusnya dihindari, bukan diulang-ulang bahkan di gunakan sebagai bentuk ancaman seperti ini. Kalaupun kamu mau punya prestasi dalam hubungan, buang jauh-jauh kata pisah agar nantinya bisa sama-sama bersanding di pelaminan. Itu baru sebuah hal yang patut dibanggakan.

5. Bisa jadi cintamu dengan pasangan akan dipertanyakan. Sebab kalau kamu benar-benar cinta, kata pisah tak akan keluar begitu saja


Ketika tutur kata sangat mudah untuk meminta pisah, hal itu juga bisa diindikasikan rasa cintamu yang mulai surut. Yaa, masalahnya sekarang bukan lagi ada di diri pasangan. Tapi padamu yang diam-diam sudah tidak lagi cinta hanya saja kamu tak ingin mengakuinya. Mungkin kamu tak mau sendiri karena belum siap melepas status pacaran. Atau bisa jadi kamu sebenarnya tidak mau merasa bersalah dan ingin di akhiri lebih dulu. Padahal di tiap pertengkaran, kamu selalu bawa-bawa kata pisah sedangkan pasanganmu justru yang mencoba menenangkan.

6. Kamu tidak akan pernah tahu isi kepala pasanganmu. Kalau dia benar-benar sudah lelah, bisa jadi kata pisah darimu segera dia iyakan


Alasan lain jangan main-main dengan kata pisah adalah kamu tidak pernah tahu apa sebenarnya isi kepala pasanganmu. Biarpun dari luar dia terlihat tak mau kehilanganmu, tapi siapa tahu jauh di lubuk hati, dia sudah lelah sekali. Lelah dengan drama yang kamu ciptakan dan tak habis-habis ini. Parahnya, kalau kamu tidak juga sadar sementara pasanganmu sudah di penghujung sabar, bisa jadi dia akan rela melepaskanmu. Niat awal yang hanya main-main berbuah retaknya hubungan kalian. Seram bukan?

7. Kamu juga bisa jadi pihak yang paling menyesal. Karena sudah seenak hati bilang pisah demi menuruti gengsi diri


Kalau pasanganmu mengikuti permainan mending pisah saja ini, kamu bisa jadi pihak yang paling menyesal. Sebab kata pisah yang keluar dari mulutmu itu sebenarnya hanya gertakan saja. Tapi malah dianggap serius dengan pasanganmu. Apa yang dulu dibangun bersama, hancur seketika. Sirna sudah segala mimpi yang dulu sempat dibayangkan berdua.
Baca selengkapnya »
Ajian Jawa Kuno Brajamusti

Ajian Jawa Kuno Brajamusti


Banyak ajian yang berkembang di masyarakat mengatas namakan brajamusti, itu tidaklah salah dikarenakan kebudayaan di indonesia sangatlah beragam. Setiap tempat tentu punyai ajian yang berbeda-beda , namun fungsinya mirip juga. Ajian ini dinamakan ajian brajamusti.

Ajian brajamusti adalah suatu ajian kanuragan yang biasa digunakan orang-orang masa dulu untuk melumpuhkan lawan saat berperang. Ajian brajamusti dikatakan sebagai salah satu ajian tingkat tinggi dikarenakan tingkat keganasan dan kedahsyatannya yang mengerikan.

Dengan ajian brajamusti ini, kita menjadi bisa punyai sebuah pukulan yang kekuatannya terlampau luar biasa. Pukulan kita yang kebanyakan cuma bisa mempenyokan batang pisang kita bisa merubahnya menjadi pukulan yang bisa menghancurkan beton tebal lebih-lebih besi sekalipun.

Aji brajamusti yang satu ini disamping bermanfaat untuk mendapatkan bobot pukulan terhitung untuk kekebalan badan. Bobot pukulan bisa mematikan, sedang badan kebal atas ancaman serangan berasal dari beraneka hujaman dan tikaman senjata tajam.
Untuk punyai aji tersebut, cobalah laksanakan amalan spiritual sebagaimana wejangan di bawah ini :

Langkah 1 - Lakukanlah puasa sunat penting tujuh hari berturut-turut.

Langkah 2 - Selama berpuasa, setiap usai mendirikan shalat fardhu lima waktu, bacalah sebanyak kemungkinan mantra di bawah ini.

SUN WATEK AJI-AJIKU BRAJA MUSTI TERAP- TERAP AWE-AWE. KURU-KURU. GRIYA GUNTING DRIJIKU. WATU ITEM ING TANGANKU. SUN TAK ANTEM. LAA ILAAHA ILLALLAH MUHAMMADUR RASUULULLAAH.

Langkah 3 - Waktu hendak digunakan, bacalah sekali lagi, kemudian hembuskan kedua telapak tangan.

Dengan cara demikian, insya Allah kemampuan gaib yang fantastis dapat mengalir merasuk ke di dalam tubuh dan lengan anda.

Batu Combong Brajamusti – Pegangan Wajib para Pejabat

Catatan
Dalam kehidupan modern layaknya saat ini ini, ajian semacam ini udah tidak cukup relevan. Karena menjadi kuat tidak dapat menjamin kamu menjadi sukses di dunia ini, dan juga kamu wajib punyai tekat kuat dan keimanan yang terlampau tinggi untuk mempelajari ilmu ini. Oleh dikarenakan itu, jarang sekali orang yang rela ada masalah payah untuk menguasai ilmu ini. Amalan ini dapat bekerja kalau di dalam suasana terdesak dan amalan ini tidak dapat bekerja kalau digunakan untuk berbuat dzalim terhadap sesama. Namun jikalau Anda merasa ilmu ini layak dicoba, boleh-boleh saja.
Baca selengkapnya »
Keutamaan Malam Nifsu Syaban Dan Amalannya

Keutamaan Malam Nifsu Syaban Dan Amalannya


Dikutip dari buku al-Fawaaidul Mukhtaaroh Diceritakan bahwa Ibnu Abiy as-Shoif al-Yamaniy berkata, “Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah bulan sholawat kepada Nabi saw, gara-gara ayat Innallooha wa malaaikatahuu yusholluuna ‘alan Nabiy … diturunkan pada bulan itu. (Ma Dza Fiy Sya’ban?)

Tuanku Kanjeng Syaikh‘Abdul Qadir al-Jailaniy berkata, “Malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang paling mulia setelah Lailatul Qodr.” (Kalaam Habiib ‘Alwiy bin Syahaab)

Sayidina Ali bin Abi Tholib Karromalloohu Wajhah menyempatkan waktunya untuk ibadah pada 4 malam di dalam setahun, yakni: malam pertama bulan Rojab, malam 2 hari raya, dan malam Nishfu Sya’ban. (Manhajus Sawiy dan Tadzkiirun Nas)

Al-Imam As-Subkiy.rhm berkata, bahwa malam Nishfu Sya’ban menghapus dosa setahun, malam Jum’at menghapus dosa seminggu, dan Lailatul Qodr menghapus dosa seumur hidup.

Diriwayatkan kapadaku bahwa Sahabat Nabi Usamah bin Zaid.ra berkata kepada Nabi SAW, “Ya Rasulullah, aku belum dulu memandang engkau berpuasa di bulan lain lebih banyak dari puasamu di bulan Sya’ban.”

Kata Nabi, “Bulan itu kerap dilupakan orang, gara-gara diapit oleh bulan Rajab dan Ramadhan, padahal pada bulan itu, diangkat amalan-amalan (dan dilaporkan) kepada Tuhan Rabbil Alamin. Karenanya, aku idamkan agar sewaktu amalanku dibawa naik, aku tengah berpuasa.” (HR Ahmad dan Nasai – Sunah Abu Dawud).

Adapun keutamaan bulan Sya’ban lainnya bakal lebih menyadari lagi di dalam hadis-hadis berikut:

Hadis Pertama
Aisyah RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan Rasulullah SAW, ia keluar mencari dan pada akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi’, tengah menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau berkata, “Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nishfu Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

Hadis Kedua
Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ “Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni seluruhnya jika orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah)

Hadis Ketiga
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, gara-gara sebenarnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikianlah selanjutnya sampai terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).

Demikianlah keutamaan dan berlebihan malam Nishfu Sya’ban, marilah kita pakai malam yang mulia ini untuk mendekatkan diri dan memohon sebanyak-banyaknya kepada Allah.
Wa min Allah at taufiq hidayah wal inayah, wa bi hurmati Habib wa bi hurmati fatihah!

Amalan di Malam Nishfu Sya’ban
Mengenai doa dimalam nisfu sya’ban adalah sunnah Rasul saw, sebagaimana hadits2 selanjutnya :

Sabda Rasulullah saw : “Allah mengawasi dan memandang hamba hamba Nya di malam nisfu sya’ban, lalu mengampuni dosa dosa mereka seluruhnya jika musyrik dan orang yg pemarah pada sesama muslimin” (Shahih Ibn Hibban hadits no.5755)

Berkata Aisyah ra : disuatu malam aku kehilangan Rasul saw, dan kutemukan beliau saw tengah di pekuburan Baqi’, beliau mengangkat kepalanya kearah langit, seraya bersabda : “Sungguh Allah turun ke langit bumi di malam nisfu sya’ban dan mengampuni dosa dosa hamba Nya sebanyak lebih dari jumlah bulu anjing dan domba” (Musnad Imam Ahmad hadits no.24825)

Berkata Imam Syafii rahimahullah : “Doa mustajab adalah pada 5 malam, yakni malam jumat, malam idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu sya’ban” (Sunan Al Kubra Imam Baihaqiy juz 3 hal 319).

Dengan fatwa ini maka kita memperbanyak doa di malam itu, menyadari pula bahwa doa tak mampu dilarang kapanpun dan dimanapun, seumpama mereka melarang doa maka hendaknya mereka menunjukkan dalilnya?,
bila mereka berharap riwayat cara berdoa, maka alangkah bodohnya mereka tak menyadari caranya doa, gara-gara caranya adalah berharap kepada Allah,

Pelarangan bakal hal ini merupakan kelakuan mungkar dan sesat, sebagaimana sabda Rasulullah saw : “sungguh sebesar besarnya dosa muslimin dg muslim lainnya adalah pertanyaan yg sebabkan hal yg halal dijalankan menjadi haram, gara-gara gara-gara pertanyaannya” (Shahih Muslim)

Disunnahkan malam itu untuk memperbanyak ibadah dan doa, sebagaimana di Tarim para Guru Guru mulia kita mengajarkan murid muridnya untuk tidak tidur dimalam itu, memperbanyak Alqur’an doa, dll.

Sumber Habib Munzir Al Musawwa

Sanggahan Habib Munzir Al Musawwa tentang Bid’ah-nya nishfu sya’ban

Sebenarnya peringatan seperti apa yang dijalankan pada perayaan tersebut??Puasa, sholat malam, membaca surah yasin 3x beserta doa nisfu sya’ban setelah sholat magrib atau ada yang lainnya.
yg paling pokok adalah berdoa, karerna sebenarnya ada pendapat para Mufassirin bahwa malam nisfu sya’ban adalah malam ditentukannya banyak takdir kita, walau pendapat yg lebih kuat adalah pd malam lailatul qadar, namun bukan bermakna pendapat yg pertama ini batil, gara-gara diakui oleh para muhadditsin, mampu saja aku cantumkan seluruh fatwa mereka bakal malam nisfu sya’ban beserta bhs arabnya, namun aku kira tak perlulah kita memperpanjang kasus ini pada orang yg dangkal pemahaman syariahnya, para ulama kita merekomendasikan membaca surat Yaasiin 3X, itu pula haram seseorang mengingkarinya, kenapa dilarang?, apa dalilnya seseorang membaca surat Alqur’an?,

Melarangnya adalah haram secara mutlak, sebagaimana Imam Masjid Quba yg senantiasa melampirkan surat AL Ikhlas seumpama ia menjadi Imam, senantiasa ia membaca Al Ikhlas di tiap tiap rakaatnya setelah surat ALfatihah, ia membaca alfatihah, lalu al ikhlas, baru surat lainnya, demikianlah tiap tiap rakaat ia lakukan, dan demikianlah pada tiap tiap shalatnya, bukankah ini kebiasaan yg tak diajarkan oleh Rasul saw?, bukankah ini menaikkan nambahi bacaan di dalam shalat?

Maka makmumnya berdatangan pada Rasul saw seraya mengadukannya, maka Rasul saw memanggilnya dan bertanya mengapa ia berbuat demikian, dan orang itu menjawab Inniy Uhibbuhaa (aku mencintainya), yakni ia mencintai surat Al Ikhlas, sampai senantiasa menggandengkan Al Ikhlas dg Alfatihah di dalam tiap tiap rakaat di dalam shalatnya.

Apa jawaban Rasul saw?, apakah rasul saw berkata : “kenapa engkau bikin syariah dan ajaran baru?, kenapa sebabkan ibadah baru?, apakah ibadah shalat yg kuajarkan belum sempurna?

Beliau tak menjelaskan demikian, malah seraya berkata : Hubbuka iyyahaa adkhalakal Jannah (cintamu pada surat Al Ikhlas itulah yg bakal membuatmu masuk sorga). hadits ini dua kali diriwayatkan di dalam Shahih Bukhari.

Dan shahih Bukhari adalah kitab hadits yg terkuat dari seluruh kitab hadits lainnya untuk dijadikan dalil, maka jelaslah Rasul saw tak melarang berwujud inspirasi inspirasi baru yg mampir dari iman, selama tidak pengaruhi syariah yg telah ada, bahkan hal itu merupakan kebaikan, dan doa nisfu syaban adalah mulia, apa yg diminta?, panjang usia di dalam taat pada Allah, diampuni dosa dosa, diwafatkan di dalam husnul khatimah, salahkah doa seperti ini?, akankah perkumpulan seperti ini dibubarkan dan ditentang?

Mengenai malam pertama bulan rajab Imam Syafii berfatwa bahwa itu adalah mustajab doa pula, sebagaimana malam jumat dan malam nisfu sya’ban, dan Imam syafii bukanlah berfatwa dari udara nafsunya, tentang risalah yg anda nukil itu maka jawaban saya, jawaban aku diatas telah menjawab seluruh ungkapan itu,

1. Kami tidak mengajarkan shalat nisfu sya’ban.

2. Sepanjang ucapan nukilan diatas, adakah hadits yg melarang doa di malam nisfu sya’ban?
tunjukkan pada aku satu hadits shahih atau dhoif yg melarang doa di malam nisfu sya’ban?
nisfu sya’ban tak ada perayaan, siapa pula yg merayakannya?, cuma wahabi saja yg menuduh sbb hati busuknya,

Kalau untuk partai mereka sih, ngga pake bid’ah dan musyrik, walau pakai pesta kampanye dan memajang foto fotonya di masjid dan dimana mana, itu sih ngga apa2, terhitung hari lagi tahun partainya, bikin pesta besar2an dg dangdutan segala, itu sih ngga apa2, namun nisfu sya’ban bid'ah.

Mengenai fatwa Imam syafii pastinya debu di kaki Imam Syafii lebih mulia dari seribu bin baz, gara-gara Imam syafii telah menjadi Imam sebelum saat Imam Bukhari lahir, dan ia adalah guru dari Imam Ahmad bin Hanbal, namun Imam Ahmad bin Hanbal itu hafal 1 juta hadits dg sanad dan matannya, dan Imam Ahmad bin Hanbal berkata : 20 tahun aku berdoa tiap tiap malam untuk Imam Syafii, dan Imam Syafii adalah Imam besar yg ratusan para Imam ikuti madzhabnya,

Mengenai Imam Ghazali beliau adalah Hujjatul Islam, telah hafal lebih dari 300 ribu hadits dg sanad dan hukum matannya,

Beda dg para wahabi yg diakui sebagai imam padahal mereka tak satupun sampai ke derajat Al Hafidh (hafal 100 ribu hadits dg sanad dan hukum matannya), namun fatwanya menghukumi hadits2 seakan mereka itu para nabi, dan ulama lain adalah bodoh.

Naudzubillah, kita berlindung pada Allah semoga Allah tak mengelompokkan kita kelak di akhirat, naudzubillah dari sekelompok dg orang yg mengharamkan doa kepada Allah.
Baca selengkapnya »
Sejarah Pemikiran Islam Al-Farabi (Filsafat & Teorinya)

Sejarah Pemikiran Islam Al-Farabi (Filsafat & Teorinya)


Filsafat Yunani banyak memberikan ide kepada umat Islam untuk mempelajari dan menggali lebih jauh berkenaan asumsi dan juga pengetahuan pengetahuannya. Terlebih lagi, terhadap perkembangannya, Islam memiliki banyak persoalan-persoalan yang butuh asumsi untuk sanggup menyelesaikannya. Hal ini pasti butuh peran akal yang optimal supaya muncullah filsafat Islam. Filsafat Islam sendiri banyak melahirkan para filsuf muslim, salah satunya adalah Al-Farabi.

Ia banyak menguasai berbagai disiplin pengetahuan pengetahuan dan menguasai lebih {dari satu} bahasa. Ia pilih hidup sederhana, dan dikenal sebagai khusus yang zuhud dan juga senang berbagi bersama dengan sesama. Al-Farabi banyak melahirkan karya-karya, lebih-lebih untuk sanggup memperluas pemikirannya dilaksanakan penerjemahan terhadap kitab-kitabnya ke di dalam bhs Latin, Inggris, Almania, bhs Arab, dan Perancis.

Biografi Al-Farabi


Al-Farabi merupakan julukan bagi Abu Nasr Ibnu Muhammad ibnu Tarkhan ibnu Auzalagh. Al-Farabi dilahirkan di sebuah desa bernama Wasij yang merupakan distrik berasal dari kota Farab. Saat ini kota Farab dikenal bersama dengan nama kota Atrar/Transoxiana th. 257 H/870 M. Al-Farabi oleh orang-orang latin abad sedang dijuluki bersama dengan Abu Nashr (Abunaser), sedang julukan Al-Farabi diambil alih berasal dari nama kota Farab, area ia dilahirkan. Ayahnya adalah seorang jenderal berkebangsaan Persia dan ibunya berkebangsaan Turki.

Al-Farabi


Sejak dini, Al-Farabi dikenal sebagai anak yang senang studi dan juga rajin dan juga ia memiliki kekuatan untuk menguasai berbagai bahasa, antara lain bhs Iran, Turkestan, dan Kurdistan. Bahkan menurut Munawir Sjadzali, Al-Farabi sanggup bicara di dalam tujuh puluh macam bahasa; namun yang ia kuasai bersama dengan aktif, cuma empat bahasa: Arab, Persia, Turki, dan Kurdi.

Di usia muda, Al-Farabi hijrah ke Baghdad yang terhadap waktu itu merupakan pusat pengetahuan pengetahuan. Di Baghdad ia studi kepada Abu Bakar Al-Saraj untuk mempelajari kaidah bhs Arab, dan kepada Abu Bisyr Mattius ibnu Yunus (seorang kristen) untuk studi logika dan filsafat Selanjutnya ia hijrah ke Harran yang merupakan pusat kebudayaan Yunani di Asia Kecil dan studi kepada Yuhanna ibnu Jailan. Kemudian, ia kembali ke Baghdad untuk memperdalam filsafat.

Al-Farabi mendapat predikat Guru Kedua, gara-gara ialah orang pertama yang memasukkan pengetahuan logika ke di dalam kebudayaan Arab. Selanjutnya ia ganti ke Damaskus, di sana ia berkenalan bersama dengan Saif Ad-Daulah Al-Hamdani, Sultan Dinasti Hamdan di Alleppo. Akhirnya Al-Farabi diberi kedudukan menjadi ulama istana. Ia hidup simple dan mengguinakan gajinya untuk beramal dan dibagikan kepada fakir miskin di Alleppo dan Damaskus. Al-Farabi wafat terhadap usia 80 th. di Aleppo th. 950 M.

Karya-karya Al-Farabi


Al-Farabi merupakan filsuf Islam terbesar, ia memiliki keahlian di berbagai bidang, di antaranya adalah pengetahuan bahasa, matematika, kimia, astronomi, kemiliteran, musik, pengetahuan alam, ketuhanan, fiqh, dan manthiq. Tetapi, sayangnya tidak banyak karya berasal dari Al-Farabi yang diketahui, gara-gara karyanya berupa risalah yang merupakan karangan pendek dan tidak banyak yang berupa buku besar yang pembahasannya mendalam, biasanya karyanya udah hilang. Adapun judul berasal dari karya-karyanya sebagai berikut:

  1. Al-Jam’u baina Ra’yay Al-Hakimain Aflathun wa Aristhu;
  2. Tahqiq Ghardh Aristhu fi Kitab ma Ba’da Ath-Thabi’ah;
  3. Syarah Risalah Zainun Al-Kabir Al-Yunani;
  4. At-Ta’liqat;
  5. Risalah fima Yajibu Ma’rifat Qabla Ta’allumi al-Falsafah;
  6. Kitab Tahshil As-Sa’adah;
  7. Risalah fi Itsbat Al-Mufaraqah;
  8. ‘Uyun Al-Masa‘il;
  9. Ara’ Ahl Al-Madinah Al-Fadhilah;
  10. Ihsa Al-Ulum wa At-Ta’rif bi Aghradita;
  11. Maqalat fi Ma’ani Al-Aql;
  12. Fushul Al-Hukm;
  13. Risalat Al-Aql;
  14. As-Siyasah Al-Madaniyah;
  15. Al-Masa’il Al-Falsafiyah wa Al-Ajwibah Anha.

Ciri khas berasal dari karya-karya Al-Farabi adalah berikan ulasan dan juga penjelasan terhadap karya berasal dari Aristoteles, Iskandar Al Fraudismy dan Plotinus. Karya nyata berasal dari Al-Farabi sebagai berikut:

  1. Al jami’u Baina Ra’yai Al Hakimain Afalatoni Al Hahiy wa Aristho-thails (pertemuan/penggabungan pendapat antara Plato dan Aristoteles);
  2. Tahsilu as Sa’adah (mencari kebahagiaan);
  3. As Suyasatu Al Madinah (politik pemerintah);
  4. Fususu Al Taram (hakikat kebenaran);
  5. Arro’u Ahli Al Madinati Al Fadilah (pemikiran-pemikiran utama pemerintah);
  6. As Syisyah (ilmu politik);
  7. Ihsho’u Al Ulum (kumpulan berbagai ilmu), dll.

Pemikiran Al-Farabi


Hasil Pemikiran Al-Farabi
Filsafat Al-Farabi memiliki corak dan tujuan yang tidak serupa berasal dari filsafat lainnya gara-gara ia mengambil alih ajaran-ajaran para filosof terdahulu, membangun kembali di dalam bentuk yang cocok bersama dengan lingkup kebudayaan, dan menyusunnya bersama dengan sistematis dan selaras. Namun, lebih dari satu filsafat Al-Farabi ini dianggap salah supaya tidak diterima oleh pengetahuan pengetahuan modern. Akan tetapi, Al-Farabi selamanya memiliki guna yang penting dan pengaruh yang besar di bidang asumsi masa-masa sesudahnya. Berikut ini adalah lebih {dari satu} asumsi filsafat Al-Farabi:

Filsafat


Al-Farabi mengartikan filsafat sebagai Al Ilmu bilmaujudaat bima Hiya Al Maujudaat yang artinya adalah suatu pengetahuan yang menyelidiki hakikat memang berasal dari segala yang ada ini. Ia berhasil tempatkan dasar-dasar filsafat ke di dalam Islam. ia juga menyatakan bahwa tidak ada pertentangan antara filsafat Plato dan Aristoteles. Al-Farabi mempunyai basic berfilsafat bersama dengan memperdalam pengetahuan bersama dengan segala yang maujud hingga mempunyai pengenalan Allah sebagai penciptanya.

Falsafat Emanasi/Pancaran


Al-Farabi mencoba menyatakan bagaimana yang banyak sanggup timbul berasal dari Yang Satu bersama dengan filsafat emanasi ini. Tuhan berupa Maha-Satu, tidak berubah, jauh berasal dari materi, jauh berasal dari makna banyak, Maha-Sempurna dan tidak perlu terhadap apapun. Menurut al-Farabi, alam ini berjalan gara-gara emanasi Tuhan. Ia berpendapat bahwa berasal dari Yang Esa-lah memancar yang lain, berkat kebaikan dan pengetahuan sendiri-Nya. Tuhan sebagai akal, berfikir berkenaan diri-Nya, dan berasal dari asumsi ini, menjadi timbul bentuk yang lain. Tuhan merupakan bentuk pertama, dan bersama dengan asumsi itu timbul bentuk kedua yang juga mempunyai substansi. Ia disebut akal pertama yang tidak berupa materi. Wujud kedua ini berpikir berkenaan bentuk yang pertama dan berasal dari asumsi ini timbullah bentuk ketiga. Wujud ketiga membayangkan dirinya sendiri disebut akal kedua.

Wujud kedua atau akal pertama itu juga berpikir berkenaan dirinya dan berasal dari situ timbullah Langit Pertama.

Wujud III/akal kedua membayangkan Tuhan supaya timbul Wujud ke IV, dan membayangkan dirinya sendiri supaya timbul Bintang-bintang.

Wujud IV/akal Ketiga membayangkan Tuhan supaya timbul Wujud V, dan membayangkan diri sendiri supaya timbul Saturnus.

Wujud V/Akal Keempat membayangkan Tuhan supaya timbul Wjud VI, dan membayangkan dirinya supaya timbul Jupiter.

Wujud VI/Akal Kelima—— Tuhan=Wujud VII/Akal Keenam.

——- dirinya= Mars.

Wujud VII/Akal Keenam—— Tuhan= Wujud VIII/Akal Ketujuh.

——- dirinya= Matahari.

Wujud VIII/Akal Ketujuh—— Tuhan= Wujud IX/Akal Kedelapan.

——- dirinya= Venus.

Wujud IX/Akal Kedelapan——Tuhan= Wujud X/Akal Kesembilan.

——- dirinya= Merkurius.

Wujud X/Akal Kesembilan—— Tuhan= Wujud XI/ Akal Kesepuluh.

——– dirinya= Bulan.

Pada asumsi Wujud XI/Akal Kesepuluh, berhentilah munculnya akal-akal. Tetapi berasal dari Akal Kesepuluh muncullah bumi dan juga roh-roh dan materi pertama yang menjadi basic berasal dari keempat unsur yaitu api, udara, air, dan tanah.

Wujud-wujud dan akal-akal ini merupakan susunan yang hierarkis. Wujud pertama di dalam hierarki yaitu yang paling tinggi, kemudian ruh-ruh lingkungan dan lingkungan itu sendiri. Susunan paling akhir yaitu bumi dan dunia materi yang berada terhadap urutan keempat. Menurut orang Yunani Kuno bahwa segala yang bercorak langit adalah suci dan segala yang bercorak bumi tidak suci. Ajaran Islam menerangkan bahwa langit merupakan sumber wahyu dan tujuan akhir mi’raj. Di sini Al-Farabi menyesuaikan antara ajaran agama dan filsafat. Dalam perihal ini al-Farabi mengambil alih teori astronomi berasal dari Yunani, yaitu Ptolomeus yang berpendapat bahwa kosmos terdiri berasal dari Sembilan lingkungan yang kesemuanya bergerak memutari bumi.

Falsafat Kenabian


Akal yang sepuluh itu sanggup disamakan bersama dengan para malaikat di dalam ajaran Islam. Para filosof sanggup mengetahui hakekat-hakekat gara-gara sanggup berkomunikasi bersama dengan akal Kesepuluh. Nabi atau Rasul pun sanggup menerima wahyu gara-gara mempunyai kesanggupan untuk berkomunikasi bersama dengan Akal Kesepuluh. Akan namun kedudukan Nabi atau Rasul lebih tinggi berasal dari para filosof.

Para filosof sanggup berkomunikasi bersama dengan Akal Kesepuluh gara-gara usahanya sendiri yaitu bersama dengan latihan dan kontemplasi, sedang Nabi atau Rasul adalah orang pilihan, supaya mereka sanggup berkomunikasi bersama dengan Akal Kesepuluh bukan atas bisnis sendiri namun atas perlindungan berasal dari Tuhan. Para filosof mengadakan komunikasi bersama dengan Akal Kesepuluh lewat akal, yaitu akal mustafad, sedang Nabi atau Rasul bukan bersama dengan akal, namun bersama dengan energi pengetahuan yang disebut imajinasi. Tingkat imajinasi yang diberikan kepada Nabi atau Rasul terlampau kuat supaya sanggup terjalin bersama dengan Akal Kesepuluh tanpa latihan yang kudu dijalani para filosof. Falsafat ini dimajukan Al-Farabi untuk menentang aliran yang tidak percaya kepada Nabi/Rasul (wahyu) seperti yang dibawa oleh al-Razi dan lain-lain di zaman itu. Teori berkenaan kenabian ini sanggup dianggap sebagai bisnis al-Farabi di dalam merujukkan agama bersama dengan filsafat.

Teori Politik


Falsafat Kenabian terjalin erat bersama dengan teori politik Al-Farabi. Ia udah menulis lebih {dari satu} risalah berkenaan politik, yang paling terkenal adalah Ara’ Ahl al-Madinah al-Fadilah (Kota Model). Di di dalam risalah selanjutnya ia melukiskan Kota sebagai suatu total berasal dari bagian-bagian yang terpadu, mirip bersama dengan organisme tubuh; jika ada anggota yang sakit, maka yang lain dapat bereaksi dan menjaganya.

Dalam kota, masing-masing anggota kudu diberikan pekerjaan yang sepadan bersama dengan kesanggupannya. Pekerjaan yang terutama di dalam penduduk adalah pekerjaan sebagai kepala masyarakat, supaya seorang kepala penduduk kudu bertubuh sehat dan kuat, pintar, cinta terhadap pengetahuan pengetahuan dan keadilan gara-gara kepala lah yang menjadi sumber keharmonisan masyarakat. Sebaik-baik kepala adalah Nabi/Rasul, gara-gara seorang Nabi/Rasul pasti mengadakan peraturan-peraturan yang baik dan berfaedah bagi penduduk supaya penduduk menjadi makmur dan baik. Tugas kepala Negara tidak cuma menyesuaikan Negara, namun juga edukatif manusia mempunyai akhlak yang baik.

Selain al-Madinah al-Fadilah juga ada al-Madinah al-Jahilah, yaitu penduduk yang anggota-anggotanya mempunyai tujuan cuma melacak kesenangan jasmani. Kemudian ada al-Madinah al-Fasiqah yaitu penduduk yang anggota-anggotanya mempunyai pengetahuan yang mirip bersama dengan anggota al-Madinah al-Fadilah dapat namun perbuatan mereka mirip bersama dengan anggota al-Madinah al-Jahilah.

Jiwa yang kekal adalah jiwa fadilah (mungkin tinggal di madinah al-Fadilah) yaitu jiwa-jiwa yang berbuat baik, jiwa-jiwa yang sanggup melepas diri berasal dari ikatan jamsmani, oleh gara-gara itu tidak hancur bersama dengan hancurnya badan. Adapun jiwa Jahilah adalah jiwa yang tidak mencapai kesempurnaan, (mungkin yang hidup di madinah al-Jahilah), jiwa yang belum sanggup meepaskan diri berasal dari ikatan materi dan dapat hancur bersama dengan hancurnya badan. Jiwa Fasiqah adalah jiwa yang mengetahui terhadap kesenangan namun menolaknya (mungkin yang hidup di dalam Madinah al-Fasiqah), tidak dapat hancur dan dapat kekal, dapat namun kekal di dalam kesengsaraan. Adapun surga dan Negara menurut Al-Farabi adalah soal spiritual.
Baca selengkapnya »
Amalan Arba Mustakmir (Amalan Rebo Wekasan)

Amalan Arba Mustakmir (Amalan Rebo Wekasan)


Amalan rebo wekasan atau arba mustakmir, hari rabu paling akhir di bulan safar udah menjadi rutinitas di agama Islam, lebih-lebih di Jawa, yang sampai kini tetap dilestarikan. Amalan rebo wekasan atau arba mustakmir di dalam penamaan dan langkah pelaksanaan rutinitas ini, beda-beda di setiap termpat.

Ada berasal dari satu} makna di dalam penamaan Rabu di Shafar itu, antara lain Rebo Wekasan, Rabu Pungkasan, Rabu Kasan, Arba Mustakmir.

Di hari itu, ada yang bersidang dan berlangsung di tempat-tempat pemakaman umum, ada yang menggelar doa dan dzikir bersama, dan amalan-amalan lain.

Dijelaskan di dalam kitab karya Syeikh Abdul Hamid bin Ali bin Abdul Qodir Quds al-Makki (1277-1335), diterangkan al-Allamah as-Syaikh Addiyarbi di dalam Mujarrobat-nya, yang ba’dlul arifin dari ahlul kasyf menceritakan, terhadap setiap Rabu akhir Shafar , bakal dicetak ke bumi 300.000 malapetaka dan 20.000 macam bencana. Barang siapa jalankan salat 4 rakaat, di setiap rakaat sesudah fatihah membaca surat al-Kautsar tujuh belas kali, al-Ikhlas lima kali, dan Mu’awwidzatain satu kali. Setelah salam membaca do’a tertentu. (Kanzun Najah Wassurur, 95)

Di kitab yang mirip mencerminkan, berasal dari satu} orang terhadap hari itu mengambarkan untuk membaca Surat Yasin. Ketika sampai ayat “Salamun qoulan min robbin rahim” diulang sebanyak 313 kali. Setelah selesai membaca Yasin, membaca doa tertentu. (Kanzun Najah, 98)

Fakta di penduduk menunjukkan, ada dua amalan (salat dan pembacaan Surat Yasin), yang kerap dilakukan terhadap Rabu akhir Shafar.

Pertama, salat Rabu Wekasan. Pijakan ritual atau amaliyah Rabu Wekasan adalah berdasar kasyf atau ilham, termasuk di dalam kitab Kanzun Najah. Al-imam Tajuddin Assubuki di dalam Jamul Jawami ‘mengemukakan, ilham adalah saran dari Allah yang diberikan ke di dalam hati seseorang. Ilham diberikan husus oleh Allah untuk berasal dari satu} orang pilihanNya. Ilham menyoroti hujjah, sebab tidak ada suaka ma’shum bagi orang yang menerimanya. Ilham termasuk tidak dapat bersih (steril) dari bisikan setan.

Hal yang berbeda dengan pendapat berasal dari satu} besar shufi, yang menyatakan, bahwa ilham dapat digunakan sebagai hujjah bagi dia sendiri. Jadi orang yang ma’il seperti Nabi, maka ilham barangkali sebagai orang-orang dan orang lain, kecuali sebenarnya ada masalah dengan orang lain AS.

Penjelasan itu menunjukkan, salat Rabu Wekasan bukan sunnah Nabi, sebab basic dari amaliyahnya adalah berdasarkan ilham, sementara ilham itu tidak dapat dijadikan hujjah.

Lalu, bagaimana hukum jalankan salat sebagaimana yang dilakukan masyarakat? Al-Imam Ibnu Hajar al-Haitami di dalam Tuhfatul Muhtaj, menjelaskan, tidak terpisah dan tidak sah salat-salat ini dengan tekad yang baik oleh kalangan shufiyyah, tanpa terdapatnya dalil di di dalam assunnah. Jika Anda jalankan salat secara sempurna (dll), maka ia bakal jalankan sesuatu dengan perintah yang berarti atau istikhoroh, maka itu tidak berbahaya.

Alhasil, selama salat dan amaliyah lainnya tidak sebagai sunnah atau masyru ‘dari Nabi, dan di dalam salat diniati secara utuh, maka tidak ada yang kudu dipermasalahkan.

Kedua, bacaan surat di dalam salat. Identitas yang dilakukan penduduk dan tercantum di dalam kitab Mujarrobat, yaitu setiap rakaat sesudah bacaan fatihah membaca surat al-Kautsar tujuh kali, al-Ikhlas lima kali, dan Mu’awwidzatain satu kali. Itu digunakan di dalam syariat, biarpun Nabi tidak pernah membaca bacaan-bacaan itu di dalam salat.

Imam Bukhori meriwayatkan sebuah hadis, ada seorang Sahabat yang setiap rakaat membaca surat al-Ikhlas dan disampaikan kepada Rasulullah, ternyata Baginda Nabi tidak melarang. Dari hadis ini al-Hafidz Ibnu Hajar di dalam Fathul Bari mengatakan, hadis ini adalah dalil yang diperintahkan atau membaca berasal dari satu} al-Quran berdasarkan kemauannya dan memperbanyak membacanya.

Ketiga, bacaan Surat Yasin dan pengulangan kira-kira ayat. Surat Yasin adalah anggota dari al-Quran, yang meragukannya tentang pahala dan saran membacanya. Bahkan ada termasuk yang intelektual, Surat Yasin miliki keutamaan sendiri.

Jadi, hukumnya boleh di malam Rabu Wekasan seseorang membaca Surat Yasin dan beroleh pahala secara umum. Dengan catatan, tanpa percaya bahwa ini adalah kesunnahan terpisah terhadap malam Rabu Wekasan.

Selanjutnya, bagaimana tentang pengulangan ayat “salamun qoulan min robbin rahim” sebanyak 313 kali?

Terkait hal itu, Sayyid Abdurrahman di dalam Ghoyatu Talhish mengemukakan, apa yang dilakukan berasal dari satu} orang sholih dengan ulangilah berasal dari satu} surat Quran di dalam hizb, miliki dalil di dalam hadis.

Hal itu seperti termaktub di dalam hadis, “Barang siapa membaca al-Ikhlas 200 kali …” dan hadis “… bacalah al-Ikhlas dan Muawwidztain kompilasi Shubuh sebanyak tiga kali …”. Tidak ada makna pengulangan Ayat atau surat, bahkan itu termasuk amalam baik yang diberi pahala. Wallahu a’lam.
Baca selengkapnya »

Jasa Pelet